Search Thousands of lines of free code at www.Planet-Source-Code.com


Vb World   Java World C++ World ASP World


Advanced Search    Browse

Situ Gintung - Kawasan wisata indah yang berubah menjadi Kuburan massal

Anda pasti tau kan dengan situ gintung? Saya yakin anda tau karena beberapa hari lalu pulau ini menjadi berita utama di stasiun televisi karena adanya bencana yang disebut sebagai tsunami kecil, yaitu Jebolnya tanggul situ gintung ini.

Foto disamping ini adalah danau Situ Gintung sebelum terjadinya bencana. Lihatlah indah sekali bukan? Dengan melihat saja, kita sudah bisa merasakan kesegarannya. Selain itu, terlihat pula keasriannya.

Danau Situ gintung ini berlokasi di Cireundeu, Ciputat, Tangerang, Banten. lokasinya persis di belakang kampus baru Universitas Islam Negeri Jakarta. Menurut sebuah blog yang saya baca, danau ini merupakan tempat wisata yang indah, dan kawasan ini sering dijadikan lokasi syuting, pembuatan video klip serta syuting iklan. Karena seringnya digunakan untuk lokasi syuting, banyak pengunjung yang bertemu dengan artist idola mereka.

Beberapa sinetron yang dibuat di Situ Gintung, antara lain Tikus dan Kucing Mencari Cinta, Bukan Salah Bunda Mengandung, dan Hidayah. Tarif pembuatan sinetron di lokasi ini hanya Rp 1 juta per hari.

Taman wisata ini mirip hutan kecil yang ditumbuhi pohon-pohon pinus besar. Setiap orang yang berekreasi di danau itu mengaku sangat menikmati fasilitas yang ada. Di sana tersedia beragam fasilitas untuk memuaskan pengunjung. Ada taman rekreasi, tempat outbond, kolam renang, aneka saung, pondok wisata, restoran, arena bermain anak, lapangan olahraga, arena motocross anak-anak, kolam pemancingan, zona petualang, waterboom, dan masih banyak lagi.

Berikut saya tampilkan foto-foto keindahan dari danau Situ Gintung ini, sehingga membuat banyak orang berdecak kagum ketika berkunjung ke danau ini.


Namun saat ini semua keindahan itu telah hilang, kita sudah tidak bisa menikmati indahnya situ gintung lagi karena bencana besar yang melanda di daerah tersebut. Tanggul yang jebol sehingga memuntahkan air bah dalam jumlah besar memporak-porandakan taman wisata itu. Banyak orang yang menjadi korban dalam bencana tsunami kecil itu.

Foto dibawah ini adalah foto yang menggambarkan situ gintung setelah bencana terjadi.


Maklum umur tanggul ini sekitar 76 tahun tepatnya dibuat pada tahun 1933 oleh belanda dan sampai sekarang masih belum pernah direnovasi, waktu yang lama untuk menahan berton-ton air yang ada didanau tersebut. Yang terjadi justru alihfungsi lahan dan diserobot permukiman penduduk. Padahal daerah itu merupakan zona terlarang untuk digunakan sebagai pemukiman penduduk. Kini semua keindahan telah sirna, yang tersisa hanyalah tangis dari korban bencana tersebut. jika sudah begini, Siapakah yang patut disalahkan??

2 Komentar:

kyra.curapix April 13, 2009 at 1:24 PM  

sekarang jadi kayak gitu,,,,,ada apa gerangan ya

Post a Comment

DETIKNEWS - BERITA UTAMA

DETIKINET - TEKNOLOGI

LIPUTAN 6 - BERITA UTAMA

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP